Senin, 13 Oktober 2014

Perbedaan Masa kuliah dengan Masa SMA atau Setingkatnya






Salam hangat bagi reader sekalian, semoga dalam keadaan sehat walafiat bagi kamu semuanya!
Alright…..!Mahasiswa baru telah mengabadikan atribut SMA untuk menuju ke bangku kuliah. Pasti sangat jelas perbedaaan diantara masa keduanya. Maka dari itu, saya akan mencoba membuka tabir-tabir perbedaan dan persamaan masa perkuliahan dan SMA atau setingkatnya yang mungkin diantara kalian telah mengetahuinya.Untuk persamaannya kedua masa ini, ketika menyambut siswa SMA dan mahasiswa  setiap sekolah dan kampus mengadakan masa orientasi atau dikenal dengan OSPEK. Mengadakan program ini dengan maksud memperkenalkan lingkungan sekolah/kampus, ngenalin kondisi social sekolah/kampus, juga perkenalan system perkuliahan, experience langsung bagaimana sih kuliah itu, dll.

·          Seragam, di SMA, pasti kita mempunyai aturan untuk memakai baju seragam, namun lain halnya dengan perkuliahan, sebahagian mahasiswa dibolehkan untuk memakai pakaian bebas selagi masih dalam norma-norma kesopanan.


·         Mengajar, di SMA guru selalu medidik muridnya sampai dia mengerti dalam proses belajar, berbeda dengan dosen yang hanya menyampaikan bahan perkuliahan , lalu menyelenggarakan ujian. Malahan mahasiswa yang harus mengejar-ngejar dosen jika ada keperluan, ingat bahwa dosen tidak mau merepotkan dirinya mengurusi masalah mahasiswa apa lagi mahasiswa yang tidak memiliki inisiatif menyelesaikan masalahnya sendiri.


·         Cara mengajar, jika di SMA menggunakan metode kurikulum yang telah ditentukan namun berbeda dengan perkuliahan yang hanya mengajarkan apa yang menurutnya itu penting, yang penting ia telah melaksanakan kewajibannya.


·         Kegiatan belajar mengajar, jika di SMA kegiatan belajar mengajar sangat kaku, yang mana dimulai dari jam 07.00 s-d 13.30, namun lain halnya dengn kegiatan perkuliahan dimana mahasiswa bisa memilih jam mata kuliah yang ditawarkan berdasarkan prodi masing-masing.


·         Mungkin di SMA kita memiliki osis dan rohis, kita juga hanya diwajibkan belajar tanpa harus melakukan pengabdian pada masyarakat, akan tetapi , di kampus kita mempunyai banyak  organisasi missal dari tingkat paling kecil sampai paling teraratas misalnya seni tari, tarik suara, bahasa asing, taekwondo, penyiar radio, fotograph, dll.


·         Lama study keduanya juga berbeda. Jika SMA studynya cuma 3 tahun maka kuliah bebas, atau tergantung pada target masing-masing mahasiswa.


·         Jumlah teman di SMA maksimal 500 siswa, sedangkan mahasiswa minimal aja ribuan apalagi maksimal. Bisa kebayang gg sih….


·         Bersangkutan dengan kelulusan, jika ketika SMA tidak lulus mata pelajaran maka mereka akan di remedialkan sehingga mendapatkan nilai di atas standar kompetensi minimal. Sedangkan kuliah, mereka akan mengulangnya pada tahun depan.


Nah, sekarang saya ingin menjelaskan sedikit perbedaan kampus Ubudiyah dengan kampus yang lain. Diantaranya:


·         Ketika kampus lain mengadakan masa orientasi yang sering didengar dengan OSPEK yang kadang-kadang dapat membuat calon mahasiswa baru takut untuk menghadapinya, maka kampus Ubudiyah mengadakan program WELNESS untuk menyambut calon mahasiswanya, yang dipenuhi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi mahasiswa sendirinya serta tanpa mengadakan kekerasan.


·         Dengan hadirnya smartphone ditangan mahasiswa ubudiyah, maka ini sangat membantu mahasiswa dalam berkomunikasi dan mendapatkan segala informasi dari kampus, dengan dilengkapi dengan aplikasi Ubudiyah Cyber.


·         Kegiatan extrakulikuler yang sangat aktif, dimulai dari seni tari yang menjelajahi banyak Negara, dimulai dari Malaysia, dan akan menuju ke Bangkok. Tari ini bernama Sanggar Tari Ubudiyah Heritage. Begitu juga dengan kegiatan Bahasa Asing yang menjelajahi keluar negri karena bakatnya yang tak tertandingi dimulai dari Malaysia, dan untuk tahun depan akan menuju ke Jepang.


 Wah wah wah, ini dia sebagian keunggulan kampus Ubudiyah yang dapat saya postingkan. Jangan sampai salah pilih ya kawan…..


Kampus Ubudiyah masih punya banyak keunggulan lainnya yang dapat kalian ketahui melalui web uui.ac.id. disini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan terakreditasi. Pokoknya untuk milih kampus UUI gag pake banyak pikir deh apalagi cyber university, weleh weleh weleh

Terima kasih dan sampai jumpa, byebyebye….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar